Wednesday, August 13, 2014

9 Agustus 2014. Pulau Sempu "sebuah surga yang tersembunyi"

hendra, ela, ryan, reza, taufeq, sam, binar, noname, gw.

Pulau sempu adalah lanjutan backpackeran gw dari bromo, sebenere gak ada rencana buat ke pulau sempu. Karena liburan masih panjang, dan dana masih ada gw terima aja ajakan bang hendra, akhirnya ngikut saja ke pulau sempu.
            Pulau sempu terletak di selatan kota  malang, sebenarnya pulau itu adalah hutan konservasi  beberapa hewan gt, ada monyet ekor panjang, lutung, babi hutan, elang, ular piton, landak, blacan dll,  jadi tidak boleh sembarang masuk. Untuk kesana rute dari malang menuju gadang, menuju turen, sampai di dermaga sendang biru bisa menyewa perahu yang banyak bersandar di dermaga.
stasiun arjosari

Perjalanan ini dimulai setelah dari bromo, disini cuma gua, hendra, ryan dan ela yang melanjutkan perjalanan menuju malang, sedangkan dyah dan tmennya pulang ke mojokerto. Hari jumat tgl 8 agt 2014 pukul 14.30 sampai diterminal banyuangga probolinggo. Kita bisa naik bus langsung menuju malang dengan tarif 16k. Gw pertama kali ke malang dan yang terbesit dikepalaku, malang itu kota macet, dimana2 macet,  sampai dimalang sdh maghrib. Kita bersih2 dulu di pombensin terdekat, dan menunaikan solat. Setelah itu kita mnuju stasion malang buat booking tiket pulang dan ternyata habis. Kita mampir dikucingan sebelah stasion untuk mengisi perut.
Malam semakin larut, kita mencari tempat buat tidur, terbesit mau ngegembel dipombensin tapi disini pombensin kecil2, enggak ada teras. Kita nyari penginepan, muter2 nyari yg murah dan bisa sekamar cowok cewek,  tp kita gak dpet. Badan sdh capek bgt, rasanya pngen tepar dimana saja, dan akhirnya ada malaikat datang memberi tahu kalo ada kos semalam.  Kita kesana, yg punya nenek2 agak bawel sih, disana tdk boleh nginep sama cewek dan si ela juga gak berani tidur sendiri. Setelah dipaksa akhirnya dia mau tidur sendiri. Kita ambil 2 kmar, kmar 1 cewek 50k dan kmar  cowok 75k. Kamarnya enggak bagus2 amat, yg penting ada celah muat kasur jadiin kamar, pemikiran orang kota bgt. Kasur kita bertingkat 2, ada almari dan meja. Sebenarnya yg terpenting adalah bisa ngecharge kamera dan hp, itu sdh cukup.
            Paginya hari sabtu tgl 9 agt pukul 07.30, kita chek out,ceilehh kayak dihotel. Karena gak ada rencana ke pulau sempu jd gw gak tahu rute dan informasi  ke pulau, dan tmen gua hendra yg pernah kesana juga lupa rutenya, kita tanya2 ada warga yg tahu dan juga bnyak yg gak tahu. Setelah tanya2, rute ke pulau sempu itu menuju gadang, turen, sendang biru trus nyebrang pake perahu ke pulau sempu. Kita nyari angkot menuju gadang dngan tarif 3k dan sopir2 dimalang itu bro bro bro bgt men, orange asyik2. Sampai digadang kita ke menuju turen, bisa pake elf atau bus kecil dngan tarif 6k, disitu gua ngobrol bnyak sama sopirnya, dimalang itu bnyak pesantren dan warung stmj, katanya kpnjangan stmj sih solat terus maksiat jalan. Diceritain juga masjid yg dibangun sama jin dalam sehari jadi, trus ada juga kalo masuk masjid itu kita jadi pinter baca alqurannya, setelah keluar kembali jd biasa lagi. Katanya juga di segara anakan juga bnyak ikan, gw sempet kepikiran buat beli alat2 pancing.
 Sampai dituren kita naik angkot menuju sendang biru, didlm angkot kita ketemu orang berkaca mata yg lg makan bungkusan nasi, yg sekilas dilihat serasa mnikmati makanan di restoran berbintang gt, setelah berkenalan namanya taufeq dia juga mau ke pulau sempu dia dari solo, yg bekerja di Surabaya, rencananya sih dia mau ketemu tmen2nya yg dr solo yg udah duluan disana.  Di angkutan  itu kayak pas mau naik elf di probolinggo menuju bromo, nunggu sampai penuh baru berangkat, setelah nunggu beberapa jam akhirnya angkot berangkat dengan pnumpang 15 orang, didalam tdk nyaman sekali, berdesakan kaki gak bisa bergerak, ahh pokoknya tidak nyaman, Perjalanan mnuju dermaga sendang biru kalian gak bakal melihat laut, yg ada bukit, hutan, tebing2 gt. Sebenarnya ini mau kepantai atau kegunung? Sendang biru 1 km lg, tp msh saja blm keliatan pantai, setelah sampai ke wisata sendang biru kita byar tarif masuk wisata 10k, dan baru deh keliatan laut, ohhh ternyata gw liburan kepantai. Tarif angkot sbesar 20k, cukup lama sih perjalannya, sekitar 2-3 jam dari turen.
kita lagi dibriefing

Di sendang biru, pantainya keren dengan degradasi warna biru, hijau tosca, jernih bgt airnya. Disitu kita langsung nyewa perahu, tp ditanya sdh registrasi belum mana guidenya ? bang hendra bingung, gw juga bingung. “mksudnya registrasi bagaimana ya, tahun kemaren gak ada registrasi?” Tanya bang hendra. “iya, sekarang ada peraturan baru, kalo mau kepulau sempu harus registrasi dulu dikantor perhutani”.  Jadi sekarang kalo mau ke pulau sempu harus registrasi dulu di pos pemantauan, disitu bnyak bgt orang yg mau nyebrang, disitu kita di briefing gt, tentang ijin masuk ke pulau sempu, dan ternyata pulau itu adalah kawasan  konservasi beberapa hewan dan dikasih tau larangan2 dipulau sempu, disitu kita harus nyewa guide juga dan itu wajib meskipun sdh hafal jalan, sdh masuk 100-1000 kalipun harus pake guide, soalnya jalan mnuju segara anakan itu trackingnya lumayan jauh, kita jalan sekitar 1-1.5 jam. Akhirnya kita registrasi dan nyewa guide yg gak berguna itu dengan tarif 130k/5.
koral mati
Pas mau nyebrang, kita ketemu 4 anak, mereka dari gresik yg mau barengan nyebrang dan ternyata dia masuk ilegal gt. Udah kayak diperbatasan Negara aja, ceritanya di tips n trik. Akhirnya kita naik perahu 9 orang menuju ke pulau sempu, dengan biaya sewa perahu pp 100/9 anak, disitu kita kenalan, ada reza yg pake kacamata sok gaul, ada sam, binar dan 1 nya gua lupa. Perahu kecil kita menuju pulau sempu, Cuma 15 menit saja kita udah sampai ditepi pantai. Karena surut kita jalan ke tepi pantai, kita nginjek karang2 mati, atau karena eksploitasi besar2an ini jd karang2 disini jd mati. Sampai dipinggir kita langsung mnuju hutan, tracking lumayan capek, naik, turun masok lubang gali lubang, enggak deh bercanda. Disini bener2 masih kayak hutan alami, pohon gede2, akar pohon melintang kemana-mana, jalurya sih cukup jelas kalo menurutku.  Katanya juga pada thun 2006 ada pelepasan ular piton, kebayang ini udah 2014, ularnya pasti udh gede2. Takuttt ? enggak, malah pengen gw bawa pulang, gua pelihara.
segara anakan

Sampai di segara anakan, ternyata segara anakan itu sebuah laguna. Tahu laguna kan ? jadi laguna itu air laut yg terjebak ditengah2 tebing gt, jadi kayak ada pantai ditengah pulau. Degradasi warna yg sangat keren, biru gelap, biru jernih, hijau toska, karang2nya keliatan dr atas, pasirnya juga putih bgt. Sampai disana kita nyari tempat buat diriin dome, karena disana udah rame bgt, puluhan dome sdh berdiri. bnyakan merka dr jawa timur, tp disana juga ada yg dr Jakarta, bandung, solo, jogja da bule2 entah dr mana, trus gak tau yg lain dr planet mana.
sdah bnyak dome berdiri

Setelah dome berdiri, sekitar jam 15.30 an kita istirahat sbntar, dan karena registrasi td, kita lupa beli nasi, disini gak ada yg jualan, bahkan air tawar enggk ada. Kalo kopi itu harus selalu ada, gak asyik dong kalo enggak bawa kopi, disana perlengkapan bang hendra lumayan lengkap, tmn gua hendra sdh bawa kriket dan nesting, taufeq bawa spirtus, arek2 dr gresik bawa kompor gas mini juga bawa kantong doraemon jadi lenkap bgtlah. Arek2 ini gokil gila abis, kita manasin air untuk buat kopi dan mie instan buat ganjal perut.
terpaan matahari sore

Sore itu kita jalan2 nikmati indahnya laguna segara anakan. dipojokan segara anakan ada lubang, buat air laut masuk, jd kalo pas pasang, itu bakal keliatan air muncrat masuk kedalem, disana rame bgt, ada yg berenang, snorkling, maen bola, maen pasir, foto2, selfie loncat dr tebing. Gw sendiri males maen air laut, soalnya enggak ada tempat bilas. Dari atas tebing keren bgt, tebing2 ini tampak gagah  melingkari segara anakan dngan pohon2 dan semak perdu hijau yg tumbuh ditebing. Sebuah pantai di dalam pulau, kalian bayangin aja deh indahnya kayak apa, keren bgt karya tuhan yang satu ini. Diluar segara anakan itu, kita langsung bisa melihat samudra hindia lepas, ombaknya besar, enggak taulah kalo gw jatuh, gak bakal ada yg nolong, timsar pun pasti nyerah, ehh ehh keliatan benua Australia men, seriuss.. komedi sih.
malam itu penuh bintang

Malam tiba gw manasin air buat kopi lagi, sambil bersenda gurau, dengerin orang gitaran, buat api unggun, buat barbeque, jagung bakar, ubi bakar itu semua orang lain semua, kita tetep sederhana dengan minum kopi sambil ngrokok. “Nih bang tak bawain ikan bakar” kata taufeq. “Ikan dari mana bang?”. “Ini dari temn2 gw yg dr solo mereka bakar2an ikan”. “Ikan habis dr mancing bang?” tanya gw. “enggaklah, beli didermaga td”. Haha. Gw sempet nyoba makan tripang juga yg diambil dr segara anakan, tripang goreng bumbu mie instan chef arek2 gresik, dan rasanya pertama sih enak, tp lama2 pngen muntah. Untung saja gak beracun. Menikmati malam di segara anakan yg cukup terang meski tanpa lampu, mungkin karena bulannya lagi cerah dan berbintang. Gw tidur dipinggir pantai , beralas pasir, menatap langit berbintang, dengerin suara ombak dan gw pun tertidur oleh alunan music alam.
pulau kecil diarah selatan

Paginya, hari minggu tgl 10 agt, kita rencana mau liat sunrise, tp ternyata mendung, manasin air lagi buat kopi dan lagi2 mie instan. Perut sdh terisi, ehh saudara2 gw pd datang, tau aja bosnya disini, saudara2 gua ini datang bnyak bgt, rombongan, ekornya panjang2, iya men, monyet ekor panjang, bnyak bgt pd turun minta jatah makan, maklum penguasa sini mnta jatah. Pagi itu gua nyoba naik tebing paling atas, tp gak jd naik pling atas, soalnya ada tulisannya bahaya. So, agak dibawah dikit, tp dr situ lo bakal liat gugusan pulau2 kecil diarah selatan, yg sekilas kayak raja ampat mini gt dan lo bakal liat segara anakan yang dikelilingi tebing hijau, beserta warna warni tenda dome yg brdiri, gua pngen loncat dr situ saking kerennya, tp gua dicegah tmen gua men, hehe.

Pagi itu pantai sudah pasang, jd keliatan deh air yg masuk dr samudra hindia, muncrat2 ikkeh ikkeh kimochi. Kita main2 dipantai lagi, foto2, ngliatin cewek2 mandi dipantai, upsss.
pantai kembar 2

Sekitar pukul 08.00 kita packing, bersih2 sampah yg kita tinggalin, saat kesini jngan lupa bawa plastic sampah,  gw sdh bawa plastic sampah, tp karena arek2 gresik sdh bawa plastic sampah yg lebih gede, sampah kita masuk situ semua. Dan gw baru sadar pas mau pulang, pantai itu jadi kotor sekali, sampah dipinggir pantai bnyak bgt. Orang2 ini datang membawa makanan, dan saat pulang mereka mninggalkan bekas2 makanan mereka, sampah2 plastik dimana2, botol minuman plastic, apa mereka tidak sadar mereka akan merusak alam sekitar sempu, sedih gw melihatnya, gak mungkin juga gua pungutin semua, terlalu banyak. Lebih miris lagi bekas bakar2 ikan, arangnya dikubur didalem pasir. Ada beberapa kelompok yg membawa pulang smpah mereka, dan bnyak juga yg membiarkannya. Jangan pernah datang kepulau sempu, kalau cuma mau meninggalkan sampah disana, lestarikan alam kita, biar anak cucu kita bisa melihat segara anakan yg begitu indah, dan saat kita kesana lagi akan masih sama dan begitu seterusnya. Jagalah alam kita.

Perjalanan pulang, kita mau lihat pantai kembar 2, kita cuma liat bentar , foto2, trus pulang. Sampai dipinggir pantai kita akan dijemput sama perahu yg kita sewa kamaren. Sampai disendang biru kita cari makan, sdh 2 hari gak makan nasi, akhirnya kita makan, kenyang pulang deh, menuju rute yg seperti awal.
Diperjalanan selama 6 hari ini aku mulai bener2 sadar, perjalanan bukan hanya tentang sebuah destinasi, tapi perjalanan untuk mencapai destinasi tersebutlah yang paling penting, bnyak pengalaman baru dan hal tak terduga.
Tips dan trik
·         Kalo mau masuk gratis, gak perlu tiket masuk, registrasi dan guide, u bisa lewat TPI men, disana susahnya nyari barengan, Karena gak bnyak yg lewat sana,
·         Bawalah logistic sesuai kebutuhan men, bawa air sebanyak mungkin.
·         Jngan lupa catat nmer hp perahu dan nmer perahu men.
·         Bawa rombongan yg banyak men, biar biaya registrasi, nyewa guide dan perahu , kalo makin bnyak kan makin murah.
·         Kalo mau lihat pantai kembar 1, kembar 2 dan pantai panjang kita bisa ngikutin jalan setapak men, pokoknya jalan setapak itu bakal menuju pantai men, tp kalo tersesat ya ikutin saja jalan setapak lg, hehe

Total biaya 308.5k

masak teripang

jalur treking

bule

view dari atas from google image